Pages

Senin, 14 Mei 2012

CLASS DAN OBJECT


Class
Dalam dunia nyata, kita sering berinteraksi dengan banyak objectKita tinggal  di  rumah,  rumah  adalah  suatu  object,  dalam terminology OOP rumah kita adalah instance dari suatu class rumah. Misal kita tinggal dalam suatu komplek perumahan, sebelum membangun rumah, developer akan berpanduan pada rancang bangun rumah (blue print) yang telah dibuat seorang arsitek. Blue print dari rumah adalah class,  sedang rumah yang kita  tinggal (rumah-rumah dalam  komplek) disebut instance. Manusia adalah sebuah class ; anda, saya, kita adalah instance dari class manusia. Mendeklarasikan class Java :
<classDeclaration> ::=
            <modifier> class <name>{
                        <attributDeclaration>*
                        <constructorDeclaration>*
                        <methodDeclaration>*
}
dimana <modifier> adalah sebuah access modifier, yang mana boleh dikombinasikan dengan tipe yang laen dari modifier.
Catatan :
1.      * berarti bahwa boleh ada 0 atau lebih kejadian dari deret tersebut yang menggunakannya juga.
2.      <description> menunjukkan bahwa Anda harus mengganti nilai sebenarnya untuk bagian ini daripada mengurangi penulisannya.
3.      Ingat bahwa untuk class teratas, acces modifier yang valid hanyalah public dan package(yakni jika tidak ada acces modifier mengawali kata kunci class).

Contoh berikut ini mendeklarasikan blueprint SuperHero.

Class SuperHero
{ String superPowers[];
void setSuperPowers(String superPowers[]){
this.superPowers = superPowers;
}
void printSuperPowers() {
for (int i = 0; i < superPowers.length; i++) { System.out.println(superPowers[i]);
}
}
}

Object
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template)  sebuah  object,  sebuah  instance  adalah representasi nyata dari class itu sendiri.

            Bekerja dengan Object
Ketika anda membuat program dengan Java, anda akan mendefinisikan beberapa class,  anda  juga  akan  menggunakan class  untumembuat suatu instance dan  tentu  saja  akan bekerja dengan instance-instance tersebut.

            Membuat Object

Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();

hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().
Contoh :

Kita akan menggunakan class Date untuk membuat suatu object Date. import java.util.Date;
class CreateDates {

public static void main(String args[]){ Date d1,d2,d3;
d1 = new Date(); System.out.println(“Hari 1 : + d1);
d2 = new Date(71,4,14,8,35); System.out.println(“Hari 2 : + d2);
d3 = new Date(“September 3 1976 2:25 PM”);

System.out.println(“Hari 3 : + d3);

}

}

Ketika Anda memanggil operator new terjadi beberapa hal :

1.  Instance baru yang telah diberikan oleh class dicipakan

2.  Memori dialokasikan untuk instance tersebut

3.  Special Method didefinisikan pada class (Konstruktor)

1 komentar:

Pemrograman Berbasis Objek mengatakan...

akhirnya selesai buat tugas

Posting Komentar